Pages

Rabu, 25 Mei 2011

Anda Kelebihan Berat Badan ?


Kelebihan berat badan terjadi bila makanan yang dikonsumsi mengandung energi melebihi kebutuhan tubuh. kelebihan energi tersebut akan disimpan tubuh sebagai cadangan dalam bentuk lemak sehingga mengakibatkan seseorang menjadi lebih gemuk.

Kerugian 
1. Penampilan menjadi kurang menarik 
2. Gerakan tidak gesit dan lambat
3. Merupakan faktor resiko penyakit: jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, gangguan sendi dan gtulang, Gangguan ginjal, Gangguan kandungan empedu, Kanker, Pada wanita dapat mengakibatkan gangguan haid (haid tidak teratur, perdarahan yang tidak teratur), factor penyulit pada persalinan.

Cara menurunkan berat badan yang dianjurkan
1.Diet : Makan teratur dua atau tiga kali sehari dengan gizi seimbang, kurangi jumlah makanan terutama bersumber energi, kurangu makanan yang berminyak, berlemak atau bersantan. Makan banyak sayuran dan buahan karena mengandung banyak serat. Dan hindari minuman beralkohol yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

2.Olahraga dan Kegiatan Fisik : Olahraga teratur selama 30-60 menit minimal 3 kali seminggu. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan. Tingkatkan kegiatan fisik sesuai dengan kegiatan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar