Pages

Kamis, 09 Juni 2011

Menulis Ringkasan Isi Buku "Quantum Speaking"

Tema : Menulis Ringkasan Isi Buku
Judul Buku : Quantum Speaking 

Buku yang berjudul Quantum Speaking ini berisi mengenai pedoman belajar speaking dalam bahasa Inggris. Buku ini akan menuntun kita untuk belajar speaking mulai dari hal – hal yang harus dipersiapkan sebelum belajar speaking, hal – hal yang harus diperhatikan  ketika belajar speaking, bagaimana metode belajar speaking yang baik, beberapa materi tentang grammar (tata bahasa), dan hal – hal yang dianjurkan setelah belajar speaking.
Sebelum belajar speaking, kita harus memiliki beberapa kamus dan buku penting sebagai referensi dalam belajar nantinya, seperti kamus saku bahasa Inggris yang memiliki simbol fonetik dan keterangan kelas kata, kamus idiom, kamus peribahasa, kamus slang, dan buku saku. Pertama Penulis menyarankan untuk memilih kamus saku agar mudah dibawa kemana-mana. Kedua, kamus idiom juga penting, karena dalam berbicara sehari-hari orang asing sering menggunakan idiom. Ketiga, kamus peribahasa, karena jika berbicara dengan menambahkan sedikit peribahasa, itu akan terkesan lebih menarik. Keempat, kamus slang, selain idiom, slang juga sering digunakan oleh orang asing dalam berbicara. Dan yang kelima adalah buku saku. Buku saku yang ukurannya relatif kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Jadi jika kita menemukan kata baru yang kita tidak tahu bagaimana cara mengucapkannya atau arti dari kata tersebut, kita bisa mencatatnya di buku saku dan mencari artinya lain kali.
Setelah mempersiapkan beberapa hal diatas, saatnya belajar speaking. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat belajar speaking, diantaranya :Jangan takut salah­­­, Pasang vocabularies di mana-mana, Ciptakan english area, Miliki partner, Berbicara sendiri (practice by yourself), Bentuk study club, Abaikan grammar, Biasakan menonton film barat, Biasakan mendengar lagu barat, Akrab dengan tulisan berbahasa Inggris.
Hal selanjutnya adalah memilih metode belajar speaking. Sebenarnya tidak ada jaminan bahwa sebuah metode tertentu bisa membuat kita sukses belajar speaking. Tetapi, paling tidak kita mempunyai variasi dalam belajar.
Walaupun dalam belajar speaking pertama kali kita tidak harus terlalu memerhatikan grammar. Namun grammar juga penting, karena dapat membuat apa yang kita bicarakan semakin mudah dipahami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar